Pilih Bahasa: Indonesia

Mainan Monopoli dan Tuan Tanah

Adakah keterangan mengenai perkembangan mainan Monopoli?
 
Historia
Historia
pengunjung
2.5k

Monopoli berasal dari Amerika Serikat. Penemunya, Elizabeth Magie, memperkenalkan mainan ini pada 1903. Kala itu, nama permainannya The Landlord’s Game (Permainan Tuan Tanah).

Kemunculan mainan ini tak lepas dari teori George Henry, seorang ekonom. Teorinya menerangkan bagaimana tuan tanah memperkaya diri melalui sistem sewa tanah hingga membuat penyewa tanah jatuh bangkrut.

Magie berusaha menyederhanakannya melalui mainan agar masyarakat memahami teori George. Dia mematenkannya pada 1904 meski tak menjualnya secara luas. Tanpa diduga, permainan ini justru mengasyikkan. Orang tak hanya lantas paham teori George, tapi juga merasakan sensasi menjadi tuan tanah dan si bangkrut.

Maka, pada 1935, sebuah perusahaan mainan Parker Brothers membeli paten ini dari Maggie. Permainan ini dikembangkan dan sejak itu diberi nama Monopoly. Melalui distribusi yang baik, mainan ini cepat terjual dan populer.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Segera Terbit
 
Nomor 37 Tahun IV
Riwayat Syariat di Nusantara
Seiring berkembangnya komunitas muslim di Nusantara sebagai dampak arus perdagangan pada abad ke-13, jejak-jejak penerapan hukum Islam mulai bisa terlacak...
 
Historia
Historia