Pilih Bahasa: Indonesia

Eksplorasi Pertama Pulau Komodo

Bagaimana sejarah eksplorasi pertama Pulau Komodo?
 
Google doodle Komodo, 6 Maret 2017.
Historia
pengunjung
1.9k

Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau ini adalah habitat alami dan satu-satunya dari komodo, spesies kadal terbesar di dunia.

Pulau Komodo kali pertama dieksplorasi Belanda pada 1910. Ketika itu, Letnan Steyn van Hensbroek, pegawai administrasi kolonial Hindia Belanda, mendengar cerita tentang “hewan seperti naga” dari seorang pilot yang diselamatkan ketika pesawatnya jatuh di sebuah pulau.

Pada 1912, Letnan Steyn mengirimkan tim ekspedisi ilmiah ke pulau tersebut. Sebuah foto dan sampel kulit hasil ekspedisi dikirimkan kepada Peter A. Ouwens, Direktur Museum Zoologi dan Kebun Raya Bogor.

“Dalam sebuah karya ilmiah yang dipublikasikan Peter A. Ouwens tahun 1912, pemantauan komodo diperkenalkan ke dunia. Dan pada 1915, di bawah perencanaan pemerintah kolonial Hindia Belanda, komodo menjadi salah satu hewan pertama di dunia yang mendapat perlindungan,” tulis Pamela Nagami dalam Bitten: True Medical Stories of Bites and Stings.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Segera Terbit
 
Nomor 37 Tahun IV
Riwayat Syariat di Nusantara
Seiring berkembangnya komunitas muslim di Nusantara sebagai dampak arus perdagangan pada abad ke-13, jejak-jejak penerapan hukum Islam mulai bisa terlacak...
 
Google doodle Komodo, 6 Maret 2017.
Google doodle Komodo, 6 Maret 2017.