Pilih Bahasa: Indonesia

Dokter Pertama Mendiagnosis Penyakit Kelamin

Siapa dokter pertama yang mendiagnosis penyakit kelamin pria?

Foto
Historia
pengunjung
2.7k

Cumano, dokter militer asal Venezia, Italia. Dia menemani raja Prancis, Charles VII, saat terjadi pertempuran Fornovo antara kerajaan Prancis menghadapi aliansi kerajaan Italia di Napoli, 6 Juli 1495.

Setelah perang usai, Cumano menyaksikan beberapa serdadu infantri memiliki bintil-bintil di wajah dan sekujur tubuh. Bintil juga terdapat di bagian bawah kulup penis dan sering terasa gatal. Garukan bisa menyebabkan koreng yang perih. Beberapa hari kemudian, daya tahan tubuh si penderita kian menurun akibat rasa sakit di lengan, kaki, dan pecahnya bintil.

Menurut sejarawan Prancis Claude Quetel dalam Le Mal de Naples, gambaran yang dilakukan Cumano tadi merupakan yang pertama untuk penyakit ini. Orang-orang Prancis menyebutnya “Penyakit Napoli” (Le Mal de Naples) sementara orang Italia menyebutnya “Penyakit Prancis” (Mal Franzoso). Namun, penyakit dengan gejala seperti ini kemudian lebih dikenal dengan nama sifilis.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Laporan Khusus
Majalah Historia Cetak
berikutnya
 
Nomor 36 Tahun III
Masa Lalu Partai NU
Salah satu organisasi muslim terbesar di negeri ini yang menjadi rebutan untuk mendulang suara pemilih muslim adalah Nahdlatul Ulama (NU)...
 

Foto

Foto