Pilih Bahasa: Indonesia

Cini Berani Kritik Mussolini

Siapakah pejabat Italia yang berani mengkritik Mussolini?
Benito Mussolini (1883-1945).
Foto
Historia
pengunjung
1.9k

Vincentrio Cini, menteri perhubungan Italia. Sejak Benito Mussolini (1883-1945) berkuasa sebagai diktator Italia pada 1923, tak ada seorang pun pejabat yang berani mengkritiknya langsung.

Cini mengkritik Mussolini saat sidang kabinet pada 19 Juni 1943. Saat itu, Italia baru kehilangan Pulau Pantelleria yang dikuasai tentara Sekutu dalam Perang Dunia II. Menurut Cini, keadaan Italia semakin parah akibat perang. Kota-kota dibom. Kelaparan dan kekacauan melanda. Cini meminta kabinet membahas situasi di medang perang dan di dalam negeri; terus berperang atau berdamai.

Mussolini menjawab, tugas kabinet hanya membahas urusan teknis, bukan politik. Cini mencoba melanjutkan argumennya, namun ditolak Mussolini. Mussolini langsung menutup sidang dan pergi.

Setelah sidang, Cini mengajukan surat pengunduran diri. Kekhawatirannya ditangkap karena mengkritik Mussolini, tidak terjadi.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Laporan Khusus
Majalah Historia Cetak
berikutnya
 
Nomor 36 Tahun III
Masa Lalu Partai NU
Salah satu organisasi muslim terbesar di negeri ini yang menjadi rebutan untuk mendulang suara pemilih muslim adalah Nahdlatul Ulama (NU)...
 
Benito Mussolini (1883-1945).
Foto
Benito Mussolini (1883-1945).
Foto