Pilih Bahasa: Indonesia

Asal Usul Istilah Karyawan

Kapan istilah karyawan mulai populer di Indonesia?
 

Ilustrasi
Historia
pengunjung
4k

Berasal dari kata karya (kerja) dan wan (orang). Karyawan mendeskripsikan semua pegawai perusahaan atau kantor, termasuk manajemen. Istilah ini diperkenalkan pada paruh pertama 1960 lewat “Operasi Karya” ketika tentara dilibatkan dalam proyek-proyek ekonomi pemerintah.

“Operasi Karya mengizinkan penggunaan ABRI dalam proyek-proyek pembangunan pemerintah di bidang produksi dan distribusi dalam semua tingkatan hingga rehabilitasi dan pembangunan pedesaan,” tulis David Reeves dalam Golkar: Sejarah yang Hilang.

Pada 1963, berdiri Serikat Organisasi Karyawan Seluruh Indonesia (SOKSI), organisasi pekerja yang disponsori TNI Angkatan Darat.

Namun istilah karyawan baru populer di masa Orde Baru. Kata ini digunakan dan dilazimkan pemerintah sebagai alternatif untuk kata buruh yang memiliki muatan politis. Kata buruh begitu dihindari rezim Orde Baru karena identik dengan gerakan kiri. Itulah sebabnya sepanjang periode Orde Baru, Hari Buruh (May Day) tiap tanggal 1 Mei ditiadakan dan tidak pernah diperingati.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Segera Terbit
 
Nomor 37 Tahun IV
Riwayat Syariat di Nusantara
Seiring berkembangnya komunitas muslim di Nusantara sebagai dampak arus perdagangan pada abad ke-13, jejak-jejak penerapan hukum Islam mulai bisa terlacak...
 

Ilustrasi

Ilustrasi