Pilih Bahasa: Indonesia
halaman 1

Dari Uang Panas hingga Selebritas

Pejabat-pejabat berlaku curang. Duit negara digarong buat main serong.
 
Jusup Muda Dalam diapit dua artis ternama, Gaby Mambo dan Baby Huwae.
Foto
Historia
pengunjung
20.2k

Khalayak di Indonesia pernah dibikin geger oleh sebuah video hubungan mesum pada 2006. Kalau pelakunya orang biasa saja barangkali tak terlalu heboh. Pasalnya “aktor” di video itu seorang anggota parlemen, Yahya Zaini. Sementara artisnya adalah Maria Eva, seorang penyanyi dangdut. Keduanya bukan pasangan suami-istri yang sah.

Geger hampir serupa melanda hari-hari ini. Ahmad Fathanah, yang dekat dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishak, diketahui punya beberapa istri dan berhubungan dengan banyak perempuan. Kepada mereka, Fathanah sungguh royal. Segala rupa harta diberikan: rumah, mobil, jam tangan mahal. Padahal itu semua asalnya dari duit negara yang diselewengkan. Selain Fathanah, beberapa perempuan itu pun jadi bahan pemberitaan bak selebritas.

Celaka sungguh celaka. Presiden PKS, yang ditengarai menerima aliran duit dari Fathanah, juga ketahuan punya perempuan-perempuan simpanan. Entah fakta yang sebenarnya bagaimana, tapi seorang politisi –apalagi dari partai yang getol membawa nama Islam– kena isu tak sedap macam itu, habislah. Diseranglah ia dan partainya dari sana-sini. Isu macam begitu ibarat sekali tembak, kena, sasarannya bisa dibikin mati berkali-kali.

Sebenarnya kejadian macam itu bukannya barang baru di Indonesia. Berpuluh tahun lampau, kejadian serupa pernah terjadi. Pelakunya juga bukan orang main-main: Menteri Urusan Bank Sentral Jusuf Muda Dalam. Dia didakwa menilap segunung duit negara. Bukan itu saja. Dia juga didakwa bertindak tak semestinya, punya enam istri dan beberapa perempuan yang diduga jadi simpanannya –beberapa di antaranya artis. Tak heran persidangan kala itu begitu riuhnya.

“Memang satu pohon beringin besar yang tumbang,” kata Jaksa Penuntut Umum Anas Jakoeb menyitir persidangan Jusuf Muda Dalam kala itu, “akan lebih menggaduhkan daripada seribu rumput-rumput yang dibabat.”

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Segera Terbit
 
Nomor 37 Tahun IV
Riwayat Syariat di Nusantara
Seiring berkembangnya komunitas muslim di Nusantara sebagai dampak arus perdagangan pada abad ke-13, jejak-jejak penerapan hukum Islam mulai bisa terlacak...
 
Jusup Muda Dalam diapit dua artis ternama, Gaby Mambo dan Baby Huwae.
Foto
Jusup Muda Dalam diapit dua artis ternama, Gaby Mambo dan Baby Huwae.
Foto