Pilih Bahasa: Indonesia
halaman 2

Alasan Khubilai Khan Menyerang Jawa

Khubilai Khan mengirim pasukan ke Jawa bukan hanya karena utusannya dilukai oleh Kertanagara. Ada alasan lain.
 
Khubilai Khan menunggangi empat gajah dalam sebuah pertempuran.
Foto
Historia
pengunjung
100.5k

Ahangkara

Pola pikir itulah yang ditolak mentah-mentah Kertanagara. Menurut Agus Aris Munandar, arkeolog Universitas Indonesia, Meng Qi paling tidak sudah tiga kali datang ke Jawa. Utusan itu menyampaikan kalau penguasa Tiongkok yang baru, Kaisar Yuan, ingin agar Singhasari mengakui kekuasannya. Sebagai bukti pengakuan, dia ingin Singhasari mengirimkan upeti secara periodik ke Tiongkok.

“Artinya mengakui kekuasaan Tiongkok. Kalau hanya kirim sebagai hadiah tidak apa-apa, tapi kalau disuruh secara periodik, di situ Kertanagara marah. Lalu dilukailah wajahnya (Meng Qi, red.),” jelas Agus ketika ditemui di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Agus mengatakan bahwa tafsir soal motif kedatangan Mongol memang beragam. Namun, dia tak sepakat jika kedatangan Mongol demi mencaplok Singhasari dan memperluas kekuasaan Yuan. “Tujuannya bukan untuk ekspansi atau minta wilayah. Tapi minta pengakuan dari Jawa. Nah, Kertanagara tidak mau,” ujar Agus.

Menurut Agus, yang belum diketahui para peneliti selama ini adalah Kertanagara memiliki sifat ahangkara. Hal ini tercatat dalam Prasasti Camundi dari 1292 M. Isinya, Sri Maharaja telah puas dengan kemenangan-kemenangannya di semua tempat dan menjadi payung pelindung seluruh dwipantara.

“Apa itu (ahangkara, red.)? Dia menganggap bangga dengan kekuatan sendiri. Dia merasa kuat, raja besar, selalu ingin unggul dari musuh-musuhnya,” jelas Agus.

Sementara itu, Slamet Muljana dalam Menuju Puncak Kemegahan, menilai Khubilai Khan juga punya sifat yang sama. Keduanya kebetulan hidup sezaman. Muncul dan wafatnya juga hampir bersamaan. Khubilai Khan menjadi penguasa penuh atas Tiongkok pada 1279 dan wafat pada 1294. Sementara Kertanagara memerintah dari 1268-1292.

“Dalam rangka watak ahangkara dan politik Khubilai Khan dan watak ahangkara Kertanagara di lain pihak, kita dapat memahami sepenuhnya peristiwa tentara Tartar,” jelas Slamet.

Adapun insiden Meng Qi justru tak disebut-sebut dalam sumber-sumber di Jawa. Namun, apapun sebenarnya alasan Meng Qi ke Jawa, hal buruk yang diterimanya sejauh ini masih disepakati sebagai penyebab Khubilai Khan marah sehingga Mongol menyerbu Jawa.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Segera Terbit
 
Nomor 37 Tahun IV
Riwayat Syariat di Nusantara
Seiring berkembangnya komunitas muslim di Nusantara sebagai dampak arus perdagangan pada abad ke-13, jejak-jejak penerapan hukum Islam mulai bisa terlacak...
 
Khubilai Khan menunggangi empat gajah dalam sebuah pertempuran.
Foto
Khubilai Khan menunggangi empat gajah dalam sebuah pertempuran.
Foto