Pilih Bahasa: Indonesia
27 Februari 1942

Pertempuran Laut Jawa

Jepang mengalahkan pasukan gabungan Sekutu dalam Pertempuran Laut Jawa. Setelah itu, Jepang menduduki Indonesia.
 
Kapal De Ruyter sebelum tenggelam dalam perang di Laut Jawa.
Foto
Historia
pengunjung
3.7k

Angkatan Laut Sekutu yang tergabung dalam American British Dutch Australian Command (ABDACOM), terlibat pertempuran dengan Armada Jepang di Laut Jawa. Pasukan gabungan Sekutu mengemban misi mempertahankan kekuasaan Hindia Belanda di Pulau Jawa dari invasi Jepang.

Panglima Angkatan Laut Belanda, Laksamana Muda Kareel Doorman memimpin kesatuan pemukul Sekutu. Penghadangan terhadap konvoi kapal Jepang terjadi di sebelah selatan Pulau Bawean, perairan Jawa Timur.

Dalam pertempuran yang berlangsung dari sore hari hingga tengah malam itu, Angkatan Laut Sekutu mengalami kekalahan telak. Tentara Jepang unggul karena daya jangkau torpedo yang lebih jauh dan dibantu pesawat-pesawat pengintai.

Kerugian Sekutu meliputi lima kapal penjelejah, tujuh kapal perusak, dan satu kapal tanker. Laksamana Muda Kareel Doorman turut tenggelam bersama kapal yang dipimpinnya, Hr. Ms. De Ruyter. Sementara Jepang hanya kehilangan beberapa kapal pengangkut. Pasukan Jepang setelah pertempuran itu mulai memasuki Jawa.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Segera Terbit
 
Nomor 37 Tahun IV
Riwayat Syariat di Nusantara
Seiring berkembangnya komunitas muslim di Nusantara sebagai dampak arus perdagangan pada abad ke-13, jejak-jejak penerapan hukum Islam mulai bisa terlacak...
 
Terpopuler
6
11 Februari 1899 | Teuku Umar Wafat
7
27 Februari 1942 | Pertempuran Laut Jawa
8
20 Februari 1927 | Jong Indonesia Berdiri
9
8 Februari 1930 | Gerakan De Stuw
10
17 Februari 1674 | Gempa dan Tsunami di Maluku
Kapal De Ruyter sebelum tenggelam dalam perang di Laut Jawa.
Foto
Kapal De Ruyter sebelum tenggelam dalam perang di Laut Jawa.
Foto