Pilih Bahasa: Indonesia
halaman 1

Menimbang Tafsir Bung Karno

Bung Karno mungkin satu-satunya kepala negara di dunia, setidaknya yang pertama, yang pernah membacakan ayat suci Al-Qur'an ketika berpidato pada Sidang Umum PBB tahun 1960.
 
Presiden Sukarno berpidato di Sidang Umum PBB pada 1960.
Foto
Historia
pengunjung
17.6k

Dalam pidatonya bertajuk To Build a Wold Anew itu, Bung Karno antara lain mengungkapkan kelemahan-kelemahan PBB, seperti tampak pada keanggotaan Dewan Kemanan yang tidak mencerminkan bangkitnya negara-negara di Asia dan Afrika.

Dewan Keamanan hanya mencerminkan peta ekonomi, militer dan kekuatan dunia tahun 1945, dan negara-negara besar itulah yang menentukan perang dan damai. “Ketidakseimbangan dunia saat ini tidak lagi terletak pada negaraa-negara besar yang selalu saling menguji kekuatan masin-masing, tetapi terletak pada pertentangan hidup di antara bangsa-bangsa yang baru berkembang dengan bangsa-bangsa imperialis,” kata Bung Karno.

Negara-negara berkembang ini, kata lanjut dia, tidak mempunyai hak baik sendiri-sendiri mapun bersama-sama untuk mencoba menentukan hari depan dunia. “Kalau dulu kami tidak punya suara, kami sekarang tidak lagi menjadi sasaran penjajahan, tetapi merupakan bangsa yang hidup dan bersemangat, yang memiliki peranan tertentu, sumbangan bagi dunia, dan hak untuk didengar pandangannya.”

Untuk menggugah semangat membangun dunia baru dan elan perjuangan the new emerging forces dari negara-negara Asia dan Afrika, yang sebagiannya kita ketahui penganut Islam, Bung Karno mengutip Qur’an surat Ar-Ra’du ayat 15. Yakni “Innallaha la yughayiru maa bi qaumin hatta yughayiruu maa bi anfusihim”. Firman ini dia terjemahkan menjadi “Sesungguhnya Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu mengubah nasibnya sendiri.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Segera Terbit
 
Nomor 37 Tahun IV
Riwayat Syariat di Nusantara
Seiring berkembangnya komunitas muslim di Nusantara sebagai dampak arus perdagangan pada abad ke-13, jejak-jejak penerapan hukum Islam mulai bisa terlacak...
 
Terpopuler
Presiden Sukarno berpidato di Sidang Umum PBB pada 1960.
Foto
Presiden Sukarno berpidato di Sidang Umum PBB pada 1960.
Foto