Masuk Daftar
My Getplus

Sepak Terjang Spion Melayu

Perjalanan hidup Zulkifli Lubis sebagai tokoh militer dan intelijen. Dia dinobatkan sebagai Bapak Intelijen Indonesia.

Oleh: Historia | 31 Mei 2023
Zulkifli Lubis, Bapak Intelijen Indonesia. (Dok. Keluarga Zulkifli Lubis/Historia.ID).

ICHIKI Tatsuo, teman Zulkifli Lubis semasa pendidikan Pembela Tanah Air (Peta), berkata kepada Rahmat Shigeru Ono, sesama orang Jepang yang memihak Republik Indonesia: “Zulkifli Lubis adalah salah satu murid terbaik Peta, dia sangat pintar segala macam. Jika Indonesia merdeka Zulkifli Lubis pasti akan menjadi presiden pertama di Indonesia.”

Sejarah berkata lain. Lubis dituding terlibat Peristiwa Cikini, sebuah upaya pembunuhan terhadap Presiden Sukarno. Dia pun menjadi buronan dan bergabung dengan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) sebagai koordinator militer.

Setelah mendekam di penjara karena terlibat dalam PRRI, Lubis dibebaskan penguasa Orde Baru. Dia menolak tawaran kembali ke militer. Setelah sempat berkiprah kembali dalam intelijen pada masa Orde Baru, Lubis kemudian menjadi pengusaha. Akhirnya, dia kecewa dengan pemerintahan Soeharto yang dinilai tidak demokratis.

Advertising
Advertising

Terlepas dari perjalanannya yang kompleks dalam militer, Lubis dikenang sebagai peletak dasar intelijen di Indonesia.

Berikut ini laporan khusus Zulkifli Lubis, Bapak Intelijen Indonesia.

Kifli “Bule” Pintar Aljabar

Bapak Intelijen Didikan Jepang

Intel Liar Kolonel Zulkifli Lubis

Seteru Saudara Sepupu

Hari Tua Seorang Mata-mata

TAG

premium intelijen

ARTIKEL TERKAIT

Boedi Oetomo Tonggak Kebangkitan Bangsa Spion Wanita Nazi Dijatuhi Hukuman Mati Mata Hari di Jawa Bumi Pertiwi Hampir Mati Supersemar Supersamar Cerita Tentang Hamka Redup Terang Bulan Bintang Alkisah Bing Slamet D.I. Pandjaitan dan Aktivis Mahasiswa Indonesia di Jerman Panggung Sejarah Henk Sneevliet